Jumat, 22 Februari 2013

Menjelang Senja di Candi Barong

Berbicara tentang candi, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah merupakan gudangnya karena dahulu merupakan bekas wilayah kekuasaan Kerajaan Mataram Kuno. Tetapi candi - candi tersebut tidak semua terkenal dan dikenal oleh masyarakat luas, misalnya saja Candi Barong, sebuah Candi Hindu yang terletak di Kelurahan Bokoharjo, Kabupaten Sleman. Candi yang megah ini banyak orang yang belum mengetahuinya, padahal dari area pemandian di Ratu Boko candi ini dapat dilihat.

Arsitektur Candi Barong cukup unik karena tidak memiliki ruangan sama sekali seperti halnya Candi Borobudur, selain itu Candi Barong juga terletak di atas bukit yang bawahnya dipahat agar bangunan candi tidak bergeser bila terjadi bencana alam.

Karena keletakkannya yang menghadap ke Barat, maka dari Candi Barong kita dapat melihat keadaan Kota Jogja dari ketinggian. Selain itu, disaat sore hari bila kita beruntung kita akan mendapat sajian cahaya senja yang membahana ditambahan kemerlip lampu kota yang berada jauh dibawah. Selain senja, kita juga dapat menikmati terbitnya matahari pagi walaupun yang dapat dinikmati cuma warna orange pancaran sinar matahari yang mengenai awan.

Pengunjung di Candi Barong dapat dihitung tiap minggunya dan rata - rata pengunjung Candi Barong adalah Arkeolog, Sejarawan, Dinas terkait, masyarakat yang memiliki minat khusus, warga sekitar, terkadang juga ada pasangan muda - mudi yang mengunjungi tempat ini untuk berduaan.

Rute menuju Candi Barong agak ribet karena hanya ada sebuah penunjuk jalan saja yang letaknya berada di atas bukit, tetapi jalan menuju Candi Barong sangatlah mulus dan halus. Bila anda ingin mengunjungi Candi Barong dari arah Jogja, anda bisa lewat Jalan Piyungan - Prambanan kemudian belok ke arah timur pada jalan aspal setelah rel kereta api, kemudian anda belok ke arah Selatan mengikuti jalan aspal sampai naik bukit dan menemukan pertigaan Goa Boko - Candi Barong, tinggal pilih ke kiri menuju Candi Barong dengan jarak kira - kira 600 meter anda sudah sampai di komplek Candi Barong. Untuk mengunjungi Candi Barong anda tidak perlu merogoh kantong dalam - dalam, cukup lapor ke juru pelihara dan mengisi buku tamu saja anda sudah dapat menikmati keindahan Candi Barong.

0 komentar:

Posting Komentar