Selasa, 26 Februari 2013

Merti Kali Oyo, Tradisi Pembaharuan di Desa Wisata Jelok

Kali Oyo yang melintasi Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Bantul memang memiliki potensi wisata cukup tinggi untuk dikembangkan, tinggal masyarakat yang tinggal disekitar Kali Oyo berkreativitas tanpa merugikan pihak lain saja. Di Kecamatan Pathuk Gunungkidul, ada sebuah desa wisata yang letaknya di pinggir Kali Oyo yaitu Desa Wisata Jelok, sebuah desa wisata yang masih cukup muda usianya.

Desa Wisata Jelok memiliki beberapa fasilitas untuk mengakrabkan pengunjung dengan alam, seperti ada fasilitas perahu karet, jalur sepeda, jalur tracking, dan tentunya masih banyak fasilitas - fasilitas lain. Tetapi Desa Wisata ini memiliki sebuah ikon yang jarang dimiliki oleh desa wisata lainnya, yaitu jembatan gantung Jelok. Sebuah jembatan gantung yang dibuat pada tahun 1995 sampai 1996 dan diresmikan oleh Sri Sultan HB X pada tahun 1999.

Kehidupan masayarakat di Desa Wisata Jelok sebagaian tidak terlepas dari pertanian yang mengandalkan aliran Kali Oyo sebagai sumber pokoknya, maka tidak lupa juga masyarakat Desa Wisata Jelok menggelar syukuran tiap tahunnya atas melimpahnya hasil pertanian yang didukung oleh keberadaan Kali Oyo didekatnya. Oleh sebab itu setiap tahunnya selalu dilakukan kenduri untuk mengucap rasa syukur kepada Tuhan atas melimpahnya hasil panen masyarakat Desa Wisata Jelok, karena status Desa Jelok sudah dirubah menjadi Desa Wisata maka sejak tahun 2009 kenduri tersebut dibuat lebih meriah lagi dengan diadakannya kirab yang bertujuan menarik minat para wisatawan. Kirab Desa Wisata jelok diberi nama Merti Kali Oyo yang dilaksanakan pada bulan Juni ditahun 2012 kemarin yang mengarak gunungan melwati jalan utama desa menuju sebuah delta di tengah Kali Oyo yang terletak berseberangan dengan Jembatan Gantung Jelok. Setelah gunungan berada di tengah delta, tokoh masyarakat secara simbolis mengambil sebuah hasil bumi lalu memimpin seluruh warga untuk berdoa bersama sebagai rasa syukur barulah gunungan dibagikan kepada masyarakat dan pengunjung yang ikut menyaksikan jalannya prosesi Merti Kali Oyo.

Bila anda dari Jogja ingin menuju Desa Wisata Jelok, anda bisa lewat Jalan Jogja - wonosari, setelah pasar buah sore ada jalan kanan menuju Desa Wisata Jelok. Cukup mudah untuk menemukan lokasinya dan sudah ada beberapa papan penunjuk jalan.

0 komentar:

Posting Komentar